Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

KIP.KEMDIKBUD.GO.ID 2023

KIP.KEMDIKBUD.GO.ID 2023. Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah program bantuan sosial yang digagas oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung pendidikan anak-anak dari keluarga miskin. KIP memberikan bantuan keuangan berupa kartu prabayar yang dapat digunakan untuk membayar berbagai biaya terkait pendidikan, seperti biaya sekolah, buku pelajaran, seragam, dan transportasi.

pip.kemdikbud.go.id 2023 cek data kip kemendikbud http //kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. pendaftaran pip.kemdikbud.go.id login pip kemdikbud go id 2023 kapan cair kip sd https //pip.kemdikbud.go.id/index/cek nisn pip kemdikbud go id 2023

Untuk memenuhi syarat mendapatkan KIP, siswa harus terdaftar di sekolah negeri atau swasta, dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, dan berasal dari keluarga dengan pendapatan bulanan di bawah ambang batas tertentu. Proses pendaftaran biasanya ditangani oleh sekolah, yang akan memverifikasi pendapatan keluarga dan informasi relevan lainnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tertentu tentang KIP, Anda dapat menghubungi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia atau mengunjungi situs web mereka untuk informasi lebih lanjut.

Berada di bawah regulasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pendaftaran Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP Kuliah) tahun 2023 ini masih dibuka. Seluruh informasi yang disematkan di artikel ini berasal dari laman resmi KIP Kuliah kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Termasuk informasi mengenai jumlah bantuan yang diberikan kepada pemilik KIP Kuliah.

Menjadi salah satu jenis bantuan pendidikan atau beasiswa yang berada di bawah regulasi Kemdikbudristek, KIP Kuliah kembali buka pendaftaran untuk tahun ini mulai 14 Februari dan akan berakhir pada 31 Oktober 2023 mendatang.

Para pemilik KIP Kuliah sendiri setidaknya akan mendapatkan tiga jenis bantuan yang akan dirinci lebih lengkap di bagian bawah artikel ini. Para pemilik KIP Kuliah setidaknya akan mendapatkan bantuan awal masuk ke perguruan tinggi incaran yang menerima mahasiswa dengan KIP Kuliah, bantuan kuliah per semester, hingga bantuan biaya hidup per bulan. Karena itu, KIP Kuliah masih menjadi salah satu jenis beasiswa paling favorit.

KIP Kuliah yang dibuka per tanggal 14 Februari 2023 lalu sendiri mencantumkan beberapa persyaratan sebelum diperbolehkan melakukan pendaftaran. Misalnya, saja mereka yang mendaftar KIP Kuliah wajib merupakan lulusan SMA dan sederajat yang memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid.

NISN, NPSN, dan NIK yang valid sendiri harus dimiliki sebelum login ke kip-kuliah.kemdikbud.go.id untuk melakukan pendaftaran.

Selain itu, para pendaftar merupakan siswa lulusan SMA dan sederajat yang memiliki catatan akademik baik serta berpotensi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, memiliki kendala dalam hal biaya. Persyaratan kedua ini sendiri wajib dibuktikan dengan Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id sendiri mencantumkan persyaratan terakhir sebelum melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2023 yaitu, "Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C."

Sehingga, persyaratan terakhir yang harus dipenuhi sebelum melakukan pendaftaran KIP Kuliah, para siswa wajib diterima di kampus negeri atau swasta yang memiliki akreditasi A atau B. Kampus dengan akreditasi C sendiri hanya masuk ke mode pertimbangan tertentu saja.

Proses pendaftaran KIP Kuliah 2023 sendiri dilakukan dengan cara login ke kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Namun, sebelum login ke kip-kuliah.kemdikbud.go.id, berikut ini adalah rincian tiga jenis bantuan pendidikan yang diterima oleh pemilik KIP Kuliah 2023.

Jenis Bantuan KIP Kuliah 2023?

Dibukanya pendaftaran KIP Kuliah pada 14 Februari 2023 melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id sendiri memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa potensial yang memiliki kendala ekonomi. KIP Kuliah setidaknya memberikan tiga jenis bantuan kepada para penerimanya. Ketiganya terdiri dari pembebasan biaya masuk ke perguruan tinggi, biaya kuliah, dan bantuan biaya hidup.

Ketiganya memiliki jumlah bantuan yang berbeda. Bantuan pembebasan biaya masuk ke perguruan tinggi diberikan ketika mahasiswa baru masuk ke perguruan tinggi yang dituju. Melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id tidak diberi penjelasan secara rinci.

Sementara itu, bantuan kuliah yang akan dibayarkan oleh KIP Kuliah yaitu sejumlah Rp2,4 juta per semester.

Terakhir adalah bantuan biaya hidup Rp700 ribu per bulan yang diberikan tergantung masa pendidikan pemilik KIP Kuliah berlangsung. Jumlah bantuan biaya hidup maksimal akan berbeda di antara mahasiswa S1, D3, D2, dan D1, simak rinciannya di bawah ini:
  1. S1 dengan perhitungan maksimal 8 semester Rp33,6 juta.
  2. D3 dengan perhitungan maksimal 6 semester Rp25,2 juta.
  3. D2 dengan perhitungan maksimal 4 semester Rp16,8 juta.
  4. D1 dengan perhitungan maksimal 2 semester Rp8,2 juta.
Sementara itu, bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah yang juga harus mengikuti program profesi juga akan menerima bantuan kuliah dan bantuan biaya hidup. Simak rincian lengkapnya berikut ini:

Profesi Dokter, Dokter Gigi, dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup dengan perhitungan maksimal 4 semester Rp16,8 juta.

Profesi Ners, Apoteker, dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 2 semester Rp8,4 juta.

Memiliki cara penyaluran tersendiri, demikian jenis dan jumlah bantuan yang akan diterima oleh pemilik KIP Kuliah yang proses pendaftaran lengkapnya dapat diakses melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Penelusuran terkait
  • pip.kemdikbud.go.id 2023 cek data
  • kip kemendikbud
  • http //kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. pendaftaran
  • pip.kemdikbud.go.id login
  • pip kemdikbud go id 2023 kapan cair
  • kip sd
  • https //pip.kemdikbud.go.id/index/cek nisn
  • pip kemdikbud go id 2023